Analisis Jurnal I
Tahun Penerbitan : 15 Oktober 2011
Nama Pengarang : Anantha P
Tema : Faktor Yang Mempengaruih
Masyarakat Berbelanja
Judul
:
 
  | 
FAKTOR-FAKTOR YANG
  MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL.(Studi Kasus Pada
  Konsumen Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya 
 
Abstract 
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli.
  Tempat jual beli yang aman, nyaman, dan dengan harga yang bersaing merupakan
  harapan pembeli. Kondisi tersebut tentunya diharapkan oleh pengelola,
  manajemen pasar Candi Lontar Manukan tetap harus mengevaluasi dan memperbaiki
  kinerja manajemennya dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan
  menjalankan strategi-strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk
  menanggulangi penurunan omzet pendapatan serta tetap memperhatikan perilaku
  belanja konsumennya dan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan
  konsumennya. Objek penelitian dalam studi ini adalah konsumen yang berbelanja
  di Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya yang berjumlah 100 orang. Data yang
  dibutuhkan adalah data primer, yaitu data yang diambil dari responden dengan
  menggunakan kuisoner yang harus diisi konsumen yang berbelanja di Pasar Candi
  Lontar, Manukan-Surabaya. Dan variabel yang digunakan adalah faktor-faktor
  yang mempengaruhi keputusan pembelian (keputusan berbelanja) yang terdiri
  dari Desain fisik, harga, lokasi, pelayanan, keamanan, kebersihandan
  fasilitas. Berdasarkan hasil deskriptif tabulasi silang dapat disimpulkan
  bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam berbelanja
  di Pasar Tradisional Candi Lontar, Manukan-Surabaya berdasarkan tingkat
  pendapatan responden menyatakan bahwa mayoritas responden yang memiliki
  pendapatan kurang dari Rp. 1.000.000,- melakukan pembelian pada produk
  kebutuhan pokok sedangkan yang minoritas melakukan pembelian pada produk
  pakaian. Dan berdasarkan jenis pekerjaan ibu rumah tangga mayoritas melakukan
  pembelian pada produk kebutuhan pokok dan yang minoritas melakukan pembelian
  pada produk pakaian dan buah-buahan. 
   
    | 
 | 
 |  
    | 
 | 
Sumber :  
 
 
Analisis Jurnal II  
Tema : Faktor
    Yang Mmempengaruhi Masyarakat Berbelanja 
Judul : 
ANALISIS
    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI PASAR MODERN PLAJU 
Tahun
    Penerbitan : 24 Mei 2012 
 Penulis : DEWI ENDANG KUSMALA 
 
 
 
     
      | 
Subject:  | 
Pelayanan
      pelangganKonsumen
 |  
      | 
Alt.
      Subject :  | 
sampling
      (statistics) consumer satisfaction
 |  
      | 
Keyword:  | 
Analisa
      FaktorPasar Modern Plaju
 Perilaku Konsumen
 |  
[
    Description ]
 
Pasar Modern
    Plaju adalah pasar tradisional yang direvitalisasi oleh Pemerintah Kota
    Palembang. Revitalisasi pasar dimaksudkan untuk melayani kebutuhan
    masyarakat akan pasar yang bersih dan tidak kumuh. Pembangunan pasar yang
    bersih, tidak kumuh dan dilengkapi fasilitas diharapkan akan semakin
    meningkatkan minat masyarakat berbelanja di Pasar Modern Plaju. Tetapi
    ternyata masyarakat memiliki cara tersendiri terhadap keputusan berbelanja,
    dimana berbagai faktor bisa menjadi alasan pengunjung untuk berbelanja.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa
    faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat sebagai konsumen dalam layanan
    pasar tersebut untuk datang atau tidak datang berbelanja di Pasar Modern
    Plaju. Populasi penelitian adalah masyarakat dalam layanan Pasar Modern
    Plaju. Sampel penelitian sebanyak 73 responden. Prosedur pencarian
    responden dilakukan berdasarkan Accidental sampling. Data yang digunakan
    adalah data primer yang diperoleh melalui survei. Metode analisis data yang
    digunakan adalah penelitian deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata
    dan standar deviasi persepsi responden terhadap masing-masing variabel,
    serta analisa inferensial dengan menggunakan analisa faktor yang
    mengelompokkan faktor-faktor yang memiliki kesamaan hubungan. Berdasarkan
    hasil analisa faktor didapatkan tiga faktor yang mempengaruhi konsumen
    berbelanja yaitu faktor suasana dan fasilitas; faktor tata letak (layout)
    dan kelengkapan produk; faktor harga dan lokasi.  
 
Sumber :  
http://digilib.its.ac.id/ITS-Master-3100012046215-/18937 
 
   
 
 |  
    | 
 | 
Latar Belakang Masalah 
 
Minimarket
    sebagai tempat bertemunya pedagang dan pembeli,tetapi di minimarket tidak
    ada tawar menawar seperti di pasar tradisional.kendati di minimarket produk
    yang di tawarkan tidak selengkap di supermarket atau hypermarket,tetapi
    Minmarket juga mempunyai kelebihan sehingga sekalipun tidak selengkap
    Supermarket ataupun Hypermarket tetapi banyak masyarakat yang berbelanja di
    Minimarket,ini di karenakan letak Minimarket yang Strategis biasanya berada
    di pinggir jalan persis atau di komplek perumahan,komplek perkantoran
    bahkan Minimarket sekarangpun sudah merambat ke daerah – daerah pedesaan (
    Terpencil ). 
Oleh
    karena itu banyak dari masyarakat yang berbelanja ke Minimarket,dikarenakan
    letaknya yang strategis dan tempat yang bersih.dan sekarang inipun
    masyarakat bisa dengan mudahnya memilih Minimarket sebagai tempat tujuan
    berbelanja.di karenakan Minimarket sudah menjamur sekarang  - 
    sekarang ini. 
Dan
    di Minimarketpun tidak perlu mengantri ber jam – jam di tempat pembayaran
    tidak seperti di Supermarket ataupun di hypermarket yang cukup membutuhkan
    waktu yang agak lama untuk membayar.karena di Minimarket tidak seramai dan
    sepadat di Supermarket atau Hypermarket.karena produk yang di jual pun
    tidak terlalu banyak ( lengkap ) sehingga kebanyakan orang berbelanja
    di  Minimarket  untuk kebutuhan sehari – hari saja. 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |  
    | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |  
    | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |  
 | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar