Senin, 08 Oktober 2012

Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Berbelanja Dan Latar Belakang Masalah



Analisis Jurnal I

Tahun Penerbitan : 15 Oktober 2011
Nama Pengarang : Anantha P

Tema : Faktor Yang Mempengaruih Masyarakat Berbelanja

Judul :
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL.(Studi Kasus Pada Konsumen Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya





Abstract
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Tempat jual beli yang aman, nyaman, dan dengan harga yang bersaing merupakan harapan pembeli. Kondisi tersebut tentunya diharapkan oleh pengelola, manajemen pasar Candi Lontar Manukan tetap harus mengevaluasi dan memperbaiki kinerja manajemennya dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan menjalankan strategi-strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk menanggulangi penurunan omzet pendapatan serta tetap memperhatikan perilaku belanja konsumennya dan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumennya. Objek penelitian dalam studi ini adalah konsumen yang berbelanja di Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya yang berjumlah 100 orang. Data yang dibutuhkan adalah data primer, yaitu data yang diambil dari responden dengan menggunakan kuisoner yang harus diisi konsumen yang berbelanja di Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya. Dan variabel yang digunakan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (keputusan berbelanja) yang terdiri dari Desain fisik, harga, lokasi, pelayanan, keamanan, kebersihandan fasilitas. Berdasarkan hasil deskriptif tabulasi silang dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam berbelanja di Pasar Tradisional Candi Lontar, Manukan-Surabaya berdasarkan tingkat pendapatan responden menyatakan bahwa mayoritas responden yang memiliki pendapatan kurang dari Rp. 1.000.000,- melakukan pembelian pada produk kebutuhan pokok sedangkan yang minoritas melakukan pembelian pada produk pakaian. Dan berdasarkan jenis pekerjaan ibu rumah tangga mayoritas melakukan pembelian pada produk kebutuhan pokok dan yang minoritas melakukan pembelian pada produk pakaian dan buah-buahan.



Sumber :


Analisis Jurnal II
Tema : Faktor Yang Mmempengaruhi Masyarakat Berbelanja
Judul :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI PASAR MODERN PLAJU
Tahun Penerbitan : 24 Mei 2012
 Penulis : DEWI ENDANG KUSMALA


Subject: 
Pelayanan pelanggan
Konsumen
Alt. Subject : 
sampling (statistics)
consumer satisfaction
Keyword: 
Analisa Faktor
Pasar Modern Plaju
Perilaku Konsumen

[ Description ]
Pasar Modern Plaju adalah pasar tradisional yang direvitalisasi oleh Pemerintah Kota Palembang. Revitalisasi pasar dimaksudkan untuk melayani kebutuhan masyarakat akan pasar yang bersih dan tidak kumuh. Pembangunan pasar yang bersih, tidak kumuh dan dilengkapi fasilitas diharapkan akan semakin meningkatkan minat masyarakat berbelanja di Pasar Modern Plaju. Tetapi ternyata masyarakat memiliki cara tersendiri terhadap keputusan berbelanja, dimana berbagai faktor bisa menjadi alasan pengunjung untuk berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat sebagai konsumen dalam layanan pasar tersebut untuk datang atau tidak datang berbelanja di Pasar Modern Plaju. Populasi penelitian adalah masyarakat dalam layanan Pasar Modern Plaju. Sampel penelitian sebanyak 73 responden. Prosedur pencarian responden dilakukan berdasarkan Accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui survei. Metode analisis data yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata dan standar deviasi persepsi responden terhadap masing-masing variabel, serta analisa inferensial dengan menggunakan analisa faktor yang mengelompokkan faktor-faktor yang memiliki kesamaan hubungan. Berdasarkan hasil analisa faktor didapatkan tiga faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja yaitu faktor suasana dan fasilitas; faktor tata letak (layout) dan kelengkapan produk; faktor harga dan lokasi.

Sumber :
http://digilib.its.ac.id/ITS-Master-3100012046215-/18937

  



Latar Belakang Masalah

Minimarket sebagai tempat bertemunya pedagang dan pembeli,tetapi di minimarket tidak ada tawar menawar seperti di pasar tradisional.kendati di minimarket produk yang di tawarkan tidak selengkap di supermarket atau hypermarket,tetapi Minmarket juga mempunyai kelebihan sehingga sekalipun tidak selengkap Supermarket ataupun Hypermarket tetapi banyak masyarakat yang berbelanja di Minimarket,ini di karenakan letak Minimarket yang Strategis biasanya berada di pinggir jalan persis atau di komplek perumahan,komplek perkantoran bahkan Minimarket sekarangpun sudah merambat ke daerah – daerah pedesaan ( Terpencil ).
Oleh karena itu banyak dari masyarakat yang berbelanja ke Minimarket,dikarenakan letaknya yang strategis dan tempat yang bersih.dan sekarang inipun masyarakat bisa dengan mudahnya memilih Minimarket sebagai tempat tujuan berbelanja.di karenakan Minimarket sudah menjamur sekarang  -  sekarang ini.
Dan di Minimarketpun tidak perlu mengantri ber jam – jam di tempat pembayaran tidak seperti di Supermarket ataupun di hypermarket yang cukup membutuhkan waktu yang agak lama untuk membayar.karena di Minimarket tidak seramai dan sepadat di Supermarket atau Hypermarket.karena produk yang di jual pun tidak terlalu banyak ( lengkap ) sehingga kebanyakan orang berbelanja di  Minimarket  untuk kebutuhan sehari – hari saja.




























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar