Analisis Jurnal I
Tahun Penerbitan : 15 Oktober 2011
Nama Pengarang : Anantha P
Tema : Faktor Yang Mempengaruih
Masyarakat Berbelanja
Judul
:
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL.(Studi Kasus Pada
Konsumen Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya
Abstract
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Tempat jual beli yang aman, nyaman, dan dengan harga yang bersaing merupakan
harapan pembeli. Kondisi tersebut tentunya diharapkan oleh pengelola,
manajemen pasar Candi Lontar Manukan tetap harus mengevaluasi dan memperbaiki
kinerja manajemennya dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan
menjalankan strategi-strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk
menanggulangi penurunan omzet pendapatan serta tetap memperhatikan perilaku
belanja konsumennya dan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan
konsumennya. Objek penelitian dalam studi ini adalah konsumen yang berbelanja
di Pasar Candi Lontar, Manukan-Surabaya yang berjumlah 100 orang. Data yang
dibutuhkan adalah data primer, yaitu data yang diambil dari responden dengan
menggunakan kuisoner yang harus diisi konsumen yang berbelanja di Pasar Candi
Lontar, Manukan-Surabaya. Dan variabel yang digunakan adalah faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian (keputusan berbelanja) yang terdiri
dari Desain fisik, harga, lokasi, pelayanan, keamanan, kebersihandan
fasilitas. Berdasarkan hasil deskriptif tabulasi silang dapat disimpulkan
bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam berbelanja
di Pasar Tradisional Candi Lontar, Manukan-Surabaya berdasarkan tingkat
pendapatan responden menyatakan bahwa mayoritas responden yang memiliki
pendapatan kurang dari Rp. 1.000.000,- melakukan pembelian pada produk
kebutuhan pokok sedangkan yang minoritas melakukan pembelian pada produk
pakaian. Dan berdasarkan jenis pekerjaan ibu rumah tangga mayoritas melakukan
pembelian pada produk kebutuhan pokok dan yang minoritas melakukan pembelian
pada produk pakaian dan buah-buahan.
|
|
|
Sumber :
Analisis Jurnal II
Tema : Faktor
Yang Mmempengaruhi Masyarakat Berbelanja
Judul :
ANALISIS
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI PASAR MODERN PLAJU
Tahun
Penerbitan : 24 Mei 2012
Penulis : DEWI ENDANG KUSMALA
Subject:
|
Pelayanan
pelanggan
Konsumen
|
Alt.
Subject :
|
sampling
(statistics)
consumer satisfaction
|
Keyword:
|
Analisa
Faktor
Pasar Modern Plaju
Perilaku Konsumen
|
[
Description ]
Pasar Modern
Plaju adalah pasar tradisional yang direvitalisasi oleh Pemerintah Kota
Palembang. Revitalisasi pasar dimaksudkan untuk melayani kebutuhan
masyarakat akan pasar yang bersih dan tidak kumuh. Pembangunan pasar yang
bersih, tidak kumuh dan dilengkapi fasilitas diharapkan akan semakin
meningkatkan minat masyarakat berbelanja di Pasar Modern Plaju. Tetapi
ternyata masyarakat memiliki cara tersendiri terhadap keputusan berbelanja,
dimana berbagai faktor bisa menjadi alasan pengunjung untuk berbelanja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa
faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat sebagai konsumen dalam layanan
pasar tersebut untuk datang atau tidak datang berbelanja di Pasar Modern
Plaju. Populasi penelitian adalah masyarakat dalam layanan Pasar Modern
Plaju. Sampel penelitian sebanyak 73 responden. Prosedur pencarian
responden dilakukan berdasarkan Accidental sampling. Data yang digunakan
adalah data primer yang diperoleh melalui survei. Metode analisis data yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata
dan standar deviasi persepsi responden terhadap masing-masing variabel,
serta analisa inferensial dengan menggunakan analisa faktor yang
mengelompokkan faktor-faktor yang memiliki kesamaan hubungan. Berdasarkan
hasil analisa faktor didapatkan tiga faktor yang mempengaruhi konsumen
berbelanja yaitu faktor suasana dan fasilitas; faktor tata letak (layout)
dan kelengkapan produk; faktor harga dan lokasi.
Sumber :
http://digilib.its.ac.id/ITS-Master-3100012046215-/18937
|
|
Latar Belakang Masalah
Minimarket
sebagai tempat bertemunya pedagang dan pembeli,tetapi di minimarket tidak
ada tawar menawar seperti di pasar tradisional.kendati di minimarket produk
yang di tawarkan tidak selengkap di supermarket atau hypermarket,tetapi
Minmarket juga mempunyai kelebihan sehingga sekalipun tidak selengkap
Supermarket ataupun Hypermarket tetapi banyak masyarakat yang berbelanja di
Minimarket,ini di karenakan letak Minimarket yang Strategis biasanya berada
di pinggir jalan persis atau di komplek perumahan,komplek perkantoran
bahkan Minimarket sekarangpun sudah merambat ke daerah – daerah pedesaan (
Terpencil ).
Oleh
karena itu banyak dari masyarakat yang berbelanja ke Minimarket,dikarenakan
letaknya yang strategis dan tempat yang bersih.dan sekarang inipun
masyarakat bisa dengan mudahnya memilih Minimarket sebagai tempat tujuan
berbelanja.di karenakan Minimarket sudah menjamur sekarang -
sekarang ini.
Dan
di Minimarketpun tidak perlu mengantri ber jam – jam di tempat pembayaran
tidak seperti di Supermarket ataupun di hypermarket yang cukup membutuhkan
waktu yang agak lama untuk membayar.karena di Minimarket tidak seramai dan
sepadat di Supermarket atau Hypermarket.karena produk yang di jual pun
tidak terlalu banyak ( lengkap ) sehingga kebanyakan orang berbelanja
di Minimarket untuk kebutuhan sehari – hari saja.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar